Pada era global saat ini persaingan di bidang bisnis sangat ketat, termasuk di dalamnya mengenai kualitas produk, harga, ketepatan pengiriman serta ketersediaan produk di pasaran. Perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan hal seperti enterprice resources planning, customer relationship management, enterprise application integration, supply chain management dan enterprice collaboration systems.

Fungsi berbagai hal tersebut menjadi semakin penting ketika perusahaan dituntut untuk menyediakan produk atau jasa yang tepat, pada tempat yang tepat, waktu yang tepat, dan kondisi yang diinginkan.

Pengembangan fungsi yang dimiliki oleh perusahaan saat ini sangat tergantung pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). TIK telah merubah paradigma bisnis perusahaan dari bisnis secara fisik menjadi electronic business yang biasa disebut dengan e-Business Systems.

Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan TIK pada bidang bisnis telah banyak digunakan untuk mendukung aktivitas yang terjadi pada perusahaan, baik yang menghasilkan produk ataupun jasa. Teknologi informasi dan komunikasi misalnya dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-Bussiness, e-Commerce, e-Banking dan lain-lain. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi juga telah menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan TIK pada supply chaim managament (SCM) dan enterprice integration/collaboration system.

Supply chain management yang menggunakan e-Business Systems dapat diterapkan untuk mengintegrasikan manufaktur, pemasok, retailer, dan penjual secara efisien sehingga barang dapat diproduksi dan didistribusikan dengan jumlah yang tepat dan biaya keseluruhan yang minimum. Untuk menghasilkan supply chain yang efektif dan efisien perlu dibuat peta sistem logistik dan distribusi secara keseluruhan yang digunakan untuk melihat perilaku pergerakan aliran produk yang ditujukan untuk pendistribusian yang terjadi disetiap elemen. Dengan menggunakan e-Business koordinasi antar pihak-pihak dalam supply chain dapat dilakukan dengan mudah yang pada akhirnya menciptakan pelayanan yang memenuhi harapan dari para konsumen.

Selengkapnya dapat dilihat pada paper yang telah diupload…

Document | PDF